Candi Borobudur – Magelang


Photobucket
Salah satu dari 7 keajaiban dunia di masa silam, Borobudur terletak di dekat kota Magelang. Merupakan candi Hindu-Buddha, Borobudur dibangun pada abad ke-9. Candi ini dipengaruhi oleh arsitektur Gupta di India. Dibangun di bukit yang kurang lebih setinggi 46 meter, Borobudur terdiri dari sekitar 55.000 m3 batu. Desain dari candi ini sendiri menyimbolkan struktur dari alam semesta. Desain Borobudur memengaruhi desain candi di Angkor, Kamboja. Candi Borobudur? ditemukan kembali? pada tahun 1815, di bawah debu vulkanik. Terletak sekitar 41 kilometer dari Yogyakarta, Borobudur merupakan monumen dari masa lalu yang mengagumkan.

Borobudur adalah salah satu monumen kuno yang terbaik yang dilestarikan dari seluruh dunia bahkan merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Monumen ini adalah kuil budha yang terbesar di seluruh dunia dan telah diklaim sebagai hasil budaya manusia yang paling sering dikunjungi lebih dari sejuta wisatawan baik domestik maupun luar negeri sampai saat ini. Gaya arsitek dari candi inipun tidak ada yang menyerupai di seluruh dunia.

Struktur yang terisnpirasi menggambarkan mikro kosmos yang seringkali timbul menjadi suatu pertanyaan, misalnya kapan, dengan cara apa, berapa lama dan oleh siapa cagar alam ini telah dibangun. Jawaban yang tepat sampai saat ini masih meninggalkan misteri karena tidak ada dokumen tertulis sampai saat ini. Berdasarkan prasasti yang ditemukan oleh peneliti, dicatat bahwa Candi Borobudur dibangun antara abad ke delapan ketika Samaratungga – raja dari dinasti Syailendra memerintah di Jawa Tengah.
Photobucket

Arti dari Borobudur masih tidak jelas. Borobudur merupakan gabungan dari kata Bara dan Budur. Bara dari bahasa Sansekerta berarti kompleks candi atau biara. Sedangakan Budur mengingatkan kita dengan kata yang berasal dari Bali Beduhur yang berarti di atas. Dengan kata lain, Borobudur berarti Biara di atas bukit.

Borobudur penuh dengan ornamen filosofis dimana menyimbolkan secara gamblang tentang kesatuan dari perbedaan jalur yang dapat diikuti untuk mencapai tujuan hidup yang paling pokok.Relif yang terukir di dinding candi memberitahukan keindahan dalam mempelajari hidup. Dengan kata lain, Borobudur memiliki jiwa seni, filosofis dan budaya.
Cara Mencapai Daerah Ini

Dengan menggunakan mobil, hanya akan memakan waktu sekitar 1 jam dari Yogyakarta untuk sampai ke monumen bersejarah ini. Anda dapat mengikuti tur atau menyewa mobil.

Tempat Menginap

Penginapan dan hotel di Yogyakarta.

Berkeliling

Dengan berjalan kaki. Anda dapat menaiki candi menakjubkan ini dan mengagumi setiap relief di batu yang berada di sekitar Anda.

Tempat Bersantap

Anda dapat membawa bekal atau membelinya di sekitar candi.

Buah Tangan

Apabila Anda ingin berkonsentrasi menikmati indahnya Borobudur, Anda dapat membeli berbagai suvenirnya di Yogyakarta. Miniatur Borobudur dari perak (atau berlapis perak), gantungan kunci, dapat mengingatkan Anda pada kenangan di candi ini. Kaos oblong dan kartu pos bergambarkan Borobudur juga menarik untuk dikoleksi.

Yang Dapat Anda Lihat Atau Lakukan

Nikmatilah pemandangan mengagumkan di candi ini. Untuk lebih mengerti tentang makna candi ini sendiri, Anda dapat mengikuti tur atau menyewa pemandu berlisensi untuk membimbing Anda. Dengan menaiki Borobudur sampai ke puncaknya, Anda akan melihat batu datar tanpa hiasan apa-apa? menyimbolkan ketidakadaan sebagai suatu kesempurnaan. Ada semacam takhayul yang mengatakan apabila Anda menaiki candi ini dengan satu permintaan tertentu, cobalah menyentuh figur sang Buddha di dalam stupa. Apabila berhasil, keinginan Anda akan terkabul.

Setiap relief memiliki ceritanya masing-masing. Anda mungkin tertarik untuk memerhatikannya dengan lebih saksama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s